Tanya Matematika

Tips tips matematika

Rahasia Anak Pintar Matematika

Leave a comment

Rahasia seseorang pandai dalam bidang matematika adalah menguasai prinsip-prinsip dasar matematika sejak usia dini. Dasar pengetahuan matematika yang solid sangat penting bagi seorang anak untuk berhasil. Tanpa keterampilan matematika yang cukup, seorang anak kemungkinan akan menghadapi kesulitan di sekolah dan masa depannya.

Seorang anak dengan kemampuan matematika yang kurang baik akan merasakan bahwa soal-soal matematika yang ia hadapi semakin lama semakin sulit, dan pada akhirnya akan menyebabkan anak tersebut takut terhadap matematika. Ketika seorang anak mengembangkan kemampuan dasar matematika ini, anda akan terkejut bagaimana ia dapat menghilangkan ketakutannya dan bahkan menjadi suka terhadap matematika.

Mengembangkan kemampuan dasar matematika seorang anak membutuhkan pendekatan yang sistematis. Banyak sekali kejadian dimana anak tidak mendapat pengantar yang cukup jelas dan tidak mendapat latihan yang dapat membangun kepercayaan diri dan pemahaman mendalam. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan orang tua atau guru dalam mengajarkan matematika adalah mengajarkan matematika dengan fokus yang terlalu sempit, misalnya hanya memperhatikan cara berhitung (aritmatika) dan mengabaikan bidang matematika yang lain. Kesalahan yang lain adalah mengajarkan konsep matematika secara tidak berurutan.

Pendekatan yang sistematis ini dapat dijalankan dengan membuat suatu kurikulum yang mengajarkan berbagai aspek matematika. Sebagai acuan, berikut adalah contoh kurikulum yang mengajarkan 5 bidang dalam matematika, yaitu :

  • Angka dan operasinya – Aritmatika dan perhitungan.
  • Aljabar – Sedari dini, belajar untuk mengenal pola seperti (“ambillah kotak berwarna merah”) akan menciptakan dasar untuk berlatih mengenai variabel dan nilai-nilai aljabar.
  • Geometri dan pengenalan spasial – Ketika anak-anak mempelajari mengenai bentuk-bentuk dasar, mereka akan mengalami peningkatan kemampuan untuk menjawab secara spasial, membaca peta, membayangkan benda dalam ruang dan akhirnya mampu menggunakan ilmu yang ia punya untuk memecahkan soal geometri.
  • Pengukuran – Belajar cara mengukur dan membandingkan adalah suatu keterampilan penting dalam hidup yang meliputi konsep panjang, berat, temperatur, waktu dan uang.
  • Analisa data dan peluang – Menggunakan gambar, grafik dan tabel akan membantuk anak-anak mempelajari untuk membagi dan mengelompokkan informasi mengenai dunia di sekitar mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.